Viral Pria Lahap Kucing Hidup, Inilah Bahayanya Jika Nekat Makan Daging Mentah


Entah apa yang ada di dalam pikiran seorang pria yang baru-baru ini viral lantaran memakan daging kucing hidup-hidup. Tayangan yang beredar lewat video itu disebutkan berlokasi di Kemayoran, Jakarta Pusat. Bahkan, salah seorang warganet menyebut bahwa aksi ‘super gila’ itu dilakukan demi ilmu hitam yang dianut pelakunya.
Jika dilihat dari sisi medis, memakan daging mentah memiliki banyak resiko yang pada kesehatan. Di antaranya adalah terpapar infeksi cacing pita. Terlebih, jika daging tersebut masih dalam kondisi belum steril dan dicuci dengan bersih. Selain resiko terinfeksi oleh cacing, kandungan bakteri jahat yang terdapat di dalam daging mentah juga menjadi ancaman bagi mereka yang nekat mengkonsumsinya.

Menjadi jalan masuknya parasit dan bakteri jahat ke dalam tubuh

Sedari dulu, bahan mentah seperti daging memang tak aman jika langsung dikonsumsi tanpa diolah dengan benar. Ambil saja contoh sushi yang kerap menjadi hidangan favorit banyak orang. Menurut ahli dalam British Medical Journal Case Reports mengatakan, manusia rawan terkena penyakit yang bernama anisakiasis jika mengonsumsi daging mentah macam sushii.

Anisakiasis sendiri merupakan parasit yang disebabkan oleh cacing anisakid nematodes yang menyerbu dinding perut atau usus manusia. Hal ini ditemukan di negara-negara barat seiring dengan kepopuleran sushi. Sama halnya dengan daging kucing, WHO bahkan memperingatkan bahwa mengkonsumsinya dapat meningkatkan 20 kali lipat risiko terinfeksi bakteri seperti salmonella.

Risiko terpapar beragam jenis cacing yang membahayakan tubuh

Daging kucing yang di makan mentah-mentah seperti yang dilakukan seorang pria di Kemayoran, Jakarta pusat, ternyata memiliki resiko terpapar beragam jenis cacing berbahaya. Salah satunya adalah cacing pita yang memang hidup di dalam usus hewan seperti anjing dan kucing. Hewan tersebut bisa tumbuh mencapai 30 kaki atau sekitar sembilan meter di dalam perut manusia.

Meski tak mematikan, cacing pita bisa mengambil beragam nutrisi tubuh yang efeknya membuat perut tidak nyaman, mual, feses cair, dan penurunan berat badan. Selain itu, bahaya lain juga datang dari Hookworm alias cacing tambang. Jika sampai masuk ke dalam tubuh, hewan satu ini bisa menyebabkan pendarahan, peradangan dan rasa sakit pada perut. Namun jika melalui kulit, penderita bakal merasakan rasa sakit dan gatal yang luar biasa.

Daging kucing liar yang ternyata mengandung banyak bahaya

Kucing yang kerap diasosiasikan sebagai hewan yang imut dan lucu, ternyata menyimpan potensi penyakit yang berbahaya bagi tubuh. Terlebih jika jenisnya liar alias bukan kucing rumahan. Selain dianggap menyebarkan penyakit rabies dan bakteri oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), dampak lainnya adalah terkena resistensi antibiotik.

Menurut Humas Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Abdul Rivai, dr Erva Angraini mengatakan, di luar negeri, kucing menjadi penyebab penyakit ebola, sars dan mers. Jika dilihat dalam video yang viral di atas, jelas terlihat bahwa yang dimakan adalah daging kucing dan disantap dalam keadaan hidup.

Daging memang jenis makanan yang tidak bisa sembarangan untuk dikonsumsi begitu saja. Butuh proses dan pengolahan yang sesuai agar aman jika masuk ke dalam tubuh. Jika dibandingkan dengan pria yang nekat memakan daging kucing hidup-hidup yang jelas masih mentah.



Comments

Popular posts from this blog

Cerita Orang-orang yang Tajir Mendadak Gara-gara Saldo Rekening Bertambah Secara Ajaib

Jangan Dipakai! Obat Nyamuk yang Terlalu Ampuh Bisa Datangkan Bahaya Bagi Manusia

Mau Naik Wahana Ekstrem? Coba Perhatikan Dulu 5 Hal Ini